Sabtu, 22 November 2008

Internet Untuk Pendidikan

Perkembangan Interenet saat ini sangat pesat. Fasilitas ini mempunyai banyak keuntungan yang dapat cepat dirasakan oleh pengguna, diantara manfaat manfaat itu salah satunya adalah sebagai media informasi, baik untuk mencari dan memberikan informasi. Manfaat ini dapat digunakan oleh dunia pendidikan untuk meningkatkan kualitas para generasi muda yang akan melanjutkan tongkat estafet pembengunan bangsa ini.

Dalam dunia pendidikan internet dapat digunakan lebih maksimal untuk mendukung kegiatan pendidikan. Pemerintah saat ini sedangmelakukan suatu program untuk memasang jaringan di hamper semua sekolah negri di Indonesia yang bertujuan agar para siswa dapat lebih memafami dan mengerti fungsi computer dan internet dalam kehidupan saat ini. Di beberapa sekolah swastapun fasilitas computer dan internet disediakan oleh pengelola sekolahnya. Melalui internet siswa dapat mencari materi tambahan pelajaran selain yang mereka dapat di sekolah, contohnya dengan mendownload materi2 yang ada dalam sebuah web dengan gratis atau hanya sekedar membaca materi yang disediakan. Hal ini bisa membantu mengembangkan IPTEK dan kreatifitas siswa yang diharapkan bias menjadi penerus bangsa ini di masa depan kelak dan membawa Indonesia menuju ke zaman yang lebih maju agar menjadi Negara maju seperti Negara lainnya.

Dari beberapa hasil survey oleh lembaga lembaga yang tertarik dengan dunia pendidikan sebagai pelajar dalam melakukan penelitian fungsi dan kegunaan internat di kalangan pelajar yang menunjukan hasil hamper lebih dari 92,5% pelajar mengunakan internet untuk melakukan chating dan friendster(dunia persahabatan dgn e-mail) saja tetapi belum memahami tentang fungsi Internet

Selain siswa, guru dan sekolahpun dapat memanfaatkan internetnya sebagai contoh guru dapat membuat sebuah blog / web pribadi kemudian blog atau web itu diberikan meteri tambahan yang mungkin tidak dapat di sampaikan di kelas atau mungkin mengupload tugas, sehingga siswa dapat membuka tugas dan membaca materi2 tambahan yang dibuat oleh guru dimanapun siswa itu berada. Sedangkan untuk sekolah internet dapat digunakan untuk mempromosikan sekolah, baik fasilitas, event dan prestasi yang dimiki oleh sekolah. Sehingga siswa2 maupun orang tua dapat memilih sekolah sesuai dengan yang dikehendaki.

Tidak ada komentar: